Panduan Lengkap Cara Membuat Tabulampot Srikaya Jumbo


Hampir Setiap Orang Mengenal Buah Srikaya . Tanaman yang memiliki nama latin 
Annona Squamosa L ini merupakan tanaman tropis yang tersebar dan mampu hidup di seluruh wilayah indonesia .

Berkut Adalah Syarat Tumbuh tanaman Srikaya Jumbo : 
#1. Iklim
Tanaman srikaya merupakan tanaman buah tropis. Tanaman ini dapat berkembang dan berbuah lebat di daerah tropis maupun di dataran tinggi. Tanaman srikaya beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi. Namun demikian, tempat yang paling cocok untuk pertumbuhannya adalah daerah tropis dan daerah subtropis. Daerah tersebut terkena sinar matahari langsung serta mendapatkan curah hujan sekitar 1.500 mm - 2.000 mm per tahun dengan kelembaban 50 - 60%. Temperatur yang sesuai adalah 20 C sampai dengan 35 C dan sangat cocok pada dataran sampai dengan 800 m dpl (dari permukaan laut). 

#2. Pencahayaan
Pertumbuhan srikaya sangat ideal dengan pencahayaan sinar matahari dengan intensitas antara 50 - 80%. 

#3. Curah Hujan
Curah hujan di setiap daerah berbeda-beda. Hal ini akan berdampak pada hasil budidaya srikaya ini. Penyebabnya adalah karena proses pembungaan srikaya jumbo tergantung pada curah hujan. Sebagai catatan, bahwa yang diperlukan untuk srikaya jumbo adalah curah hujan maksimum 1.500 - 2.000 mm/tahun.


#4 Keadaan Tanah
Srikaya sebenarnya tidak menuntut jenis tanah yang khusus. Berdasarkan penyebaran srikaya di Indonesia yang setiap daerah memiliki jenis yang berbeda, tanaman ini mampu tumbuh dan berproduksi dengan baik. Tanah (media tumbuh) untuk srikaya yang sesuai adalah tanah yang subur sebab kaya kandungan bahan organik. Tanah harus mengandung pasir dan tanah liat serta debu sehingga mudah membentuk remah. Keasamannya dengan kadar pH 5-7,5. 

Langkah - Langkah Menanam Srikaya Jumbo Ke Dalam Pot :

1.) Menyiapkan Pot 
Pot yang harus digunakan untuk menanam tanaman srikaya dalam pot sebaiknya ukuran yang besar atau bisa menggunakan potongan drum bekas yang dipotong menjadi 2 bagian . Setelah pot sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah mengisi pot dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1 ( 2 untuk tanah : 1 untuk pupuk kandang ) . Jangan Diisi sampai penuh, cukup sisakan sekitar 20cm dari bagian atas pot. Biarkan pot yang telah diisi tanah dan pupuk kandang selama 1 minggu sebelum ditanami bibit srikaya jumbo. 

2.) menanam Bibit Srikaya 
Bibit yang telah disiapkan dapat ditanam ke pot yang telah diisi Tanah dan pupuk. Buatlah lubang di bagian tengah Tanah isian, buka pelastik polybag yang digunakan untuk menyemai (cangkok atau okulasi). Usahakan jangan sampai Tanah yang ada di bibit hancur, karena Tanah tersebut berfungsi sebagai bahan makanan awal sampai akar tanaman srikaya mulai menjulur dan beradaptasi. Setelah bibit dimasukkan ke lubang tanam, tutup lubang dengan menggunakan Tanah dan sedikit padatkan. Lakukan penyiaraman setelah penanaman dilakukan. Bibit srikaya juga bisa langsung ditanam di tanah secara langsung seperti halaman rumah atau kebun dengan membuat lubang tanam berukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 40cm - 60cm yang diisi dengan pupuk kandang juga.  


3.) Merawat Tanaman Srikaya 
Merawat Tanaman Perawatan pada tanaman srikaya tidak begitu banyak, cukup melakukan pemupukan secara berkala 2 bulan sekali. Perawatan lainnya adalah pemangkasan, pengurangan cabang dan pemangkasan agar tanaman tidak terlalu tinggi. Selain itu juga pemangkasan berguna untuk mempercepat tanaman berbuah.  

4.) Memanen Buah Srikaya 
Memanen Buah Srikaya Pohon Srikaya yang ditanam dari biji biasanya akan menghasilkan buah pada umur tanaman sekitar 3 tahun, namun jika dari hasil cangkokan atau okulasi dan perawatan yang baik akan menghasilkan buah sekitar umur 1,5 tahun. Buah yang matang akan lebih lunak saat dipencet, dan mengeluarkan bau yang harum. Untuk menghindari dari serangan kelelawar atau hewan pemakan buah lainnya sebaiknya gunakan jaring atau sungkup saat buah mendekati matang. Itulah beberapa langkah untuk menanam srikaya dengan benar dalam pot, apapun cara yang yang anda pilih baik menanam srikaya dari biji ataupun menanam srikaya dari cangkok batang akan menghasilkan buah jika perawatan yang dilakukan juga benar. Namun jika anda menginginkan cara menanam srikaya agar cepat berbuah maka anda harus menggunakan bibit dari hasil cangkokan atau okulasi. Buah srikaya memiliki rasa yang manis seperti sirsak, dan kaya akan manfaat bagi kesehatan.


Untuk harga polybag silakan klik DISINI
Informasi selanjutnya hubungi kami pada hari kerja pkl. 08. 15-16. 00 WIB :
- Phone/Fax : 031-8830487 
- SMS/Call/WA : 0877. 0282. 1277 | 0812. 3258. 4950 | 0852. 3392. 5564 
- E-mail : limcorporation2009@gmail. com/admin@limcorporation1. com



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama