Cara Mudah Menanam Bawang Putih Di Polybag



Ingin menanam bawang putih tapi tidak memiliki lahan yang luas??? Kami mempunyai solusinya yaitu dengan menggunakan polybag, karena polybag tidak banyak memakan tempat. Berikut ini adalah langkah menanam bawang putih menggunakan polybag :

1.) Bibit

Bibit bawang putih diperoleh dari umbi bawang putih yang berumur sekitar 3 bulan setelah panen dan disimpan pada tempat yang teduh. Pilih bibit yang baik, dan tidak cacat agar bawang yang  ditanam akan menghasilkan bawang putih yang baik dan berkualitas.

2.) Penanaman

Untuk menanam bawang putih didalam pot atau polybag, gunakan Polybag atau Pot yang memiliki diameter minimal sekitar 15 cm dan memiliki lubang-lubang di bagian bawahnya. Selanjutnya siapkan media tanam berupa pupuk kompos atau bokashi (Kompos yang digunakan karena memiliki unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman) yang dicampur dengan 3 gram atau 2 sdm furadan atau insektisida. Setelah itu masukan media tanam pada polybag atau pot (jangan terlalu penuh) lalu siram sampai basah. Kemudian tanam atau masukkan bibit umbi sampai 3/4 bagian, tapi sebelumnya potong dulu bagian ujung umbi agar tunas pada umbi bisa cepat tumbuh. Dalam setiap polybag atau pot beri 3-4 bibit umbi bawang putih dengan jarak tanam bisa diatur sesuai keinginan.

*Baca Juga : Rahasia Menanam Kentang Pada Polybag Praktis & Lengkap

3.) Perawatan Tanaman

 Perawatan yang harus dilakukan pada tanaman bawang putih yaitu :
  • Pemupukan
Karena media tanam yang digunakan untuk menanam adalah pupuk kompos maka tidak  perlu melakukan pemupukan kimia, namun jika kurang vigor bisa gunakan pupuk  organik cair dan kalium cair. Pemupukan dilakukan pada saat tanaman  berumur sekitar 15 hari setelah tanam, 30 hari setelah tanam, dan 45 hari setelah tanam.
  • Penyiraman
Penyiraman pada tanaman bawang putih dilakukan sebanyak 2 kali sehari, jika sudah tumbuh, penyiraman bisa dikurangi menjadi 5 hari sekali. Penyiraman bisa juga dilakukan    setelah pemupukan.
  • Penyulaman
Jika ada tanaman yang mati maka perlu dilakukan penyulaman yaitu mengganti tanaman yang mati dengan bibit tanaman yang baru.
  • Penyiangan
Penyiangan terhadap gulma dilakukan setiap 10-15 hari sekali, tergantung ada/tidaknya gulma pada media tanam. Tujuan dari penyiangan ini adalah agar gulma tidak dapat memakan unsur hara pada media tanam.
  • Pembubunan
Jika akar umbi terlihat perlu dilakukan pembubunan yaitu menimbun kembali akar tanaman yang terlihat setelah penyiraman.

*Baca juga : Jual Polybag KW Super dan KW Biasa Maupun Original

4.) Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit yang sering kali menyerang tanaman bawang putih diantaranya : Fusarium sp, Alternaria porii, Thrips tabaci, Spodoptera exigua, Onion Yellow Dwarf Virus (OYDV), dan lainnya. Semua hama dan penyakit bisa diatasi dengan penanganan yang tepat.

5.) Pemanenan

Bawang putih yang dapat dipanen yaitu setelah berumur 100-120 hari setelah tanam. Bawang yang sudah bisa dipanen yaitu 50% daunnya sudah mengering, umbinya sudah memiliki ukuran besar (maksimal), dan batangnya sudah mengeras.


Demikian pembahasan tentang "Cara Menanam Bawang Putih Di Polybag". Terima kasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama