Jumat, 25 Agustus 2017

Cara Bertanam Hidroponik Sederhana di Rumah




Hai๐Ÿ‘‹ sobat setia Lim Corporation!! Pada artikel kali ini, kita akan mengulas mengenai Cara Bertanam Hidroponik Sederhana Di Rumah. Caranya tidak terlalu sulit atau bisa dibilang gampang๐Ÿ˜Š

Ada dua teknik hidroponik sederhana , yaitu hidroponik sistem wick (mewakili teknik larutan statis) dan hidroponik sistem NFT (mewakili teknik larutan alir)


Menanam Hidroponik sistem Wick.

Kata ‘wick’ berarti sumbu, maka sistem wick bisa disebut juga sistem sumbu. Hidroponik sistem "wick" ini memanfaatkan sumbu yang dipasang pada media tanam yang berguna untuk mengalirkan larutan nutrisi dari bawah(wadah penampung) ke atas(akar tanaman). Rockwool adalah media yang akan menyerap air nutrisi yang dibawa kain flanel, sehingga akar-akar muda tanaman akan menyerapnya dari rockwool. Seiring berjalannya waktu, akar tanaman akan tumbuh keluar dari rockwool dan merayap melalui kain flanel menuju larutan nutrisi di bagian bawah dan menghisapnya sendiri.

Sistem ini merupakan sistem yang paling mudah, dan murah, dan sangat cocok untuk tahap belajar, terutama untuk para pemula atau hobi tanaman indoor.

* Jangan Lupa Baca : Macam-macam Sayuran & Buah Hidroponik Yang Bisa Anda Coba Di Rumah!

Bahan yang dibutuhkan :

- Botol bekas ukuran 600 ml
- Saya sarankan untuk menggunakan rockwool sebagai media tanam(bisa beli di toko pertanian atau beli secara online) atau Alternatif lain kalau Anda repot bisa diganti dengan dacron, busa bekas, gulungan kapas, atau kain flanel yang digulung.
- Sumbu : Bisa menggunakan sumbu kompor / kain flanel.
- Larutan AB MIX
- Bibit hidroponik.


Cara Membuat Media Tanam Hidroponik Sederhana

- Potong botol air mineral menjadi 2 bagian
- Lubangi bagian atas leher botol pada dua sisi menggunakan solder/paku yang dipanaskan.
- Masukan sumbu/kain flanel yang sudah dipotong memanjang melalui dua lubang tadi
- Pasang terbalik bagian atas botol ke bagian bawah botol.
- Media tanam hidroponik sederhana sudah siap digunakan.

Langkah berikutnya menyiapkan benih tanaman yang akan kita tanam. Untuk latihan saya sarankan tanaman sayuran hidroponik yang gampang tumbuh seperti sawi atau selada. Saat ini benih/bibit tanaman banyak sekali dijual di toko pertanian ataupun secara online, silahkan googling dengan kata kunci ‘bibit tanaman hidroponik’. Bila anda beli online, sekalian beli juga rockwool dan pupuk hidroponik.

* Baca Juga : Tips Cara Menanam Cabai Dalam Pot Atau Polybag!!

Cara Menyemai Benih Hidroponik Menggunakan Rockwool

Penyemaian Menggunakan Rockwool
- Potong-potong rockwool dengan ukuran 2,5 x 2,5.
- Basahi rockwool dengan air dengan cara dicipratkan atau disemprot kecil agar rockwool tidak terlalu basah / digenangi air. Tempatkan di nampan atau kotak plastik bekas yang ada.
- Lubangi bagian tengah setiap rockwool dengan lidi atau tusuk gigi. Jangan membuat lubang terlalu dalam, kira-kira cukup 2 mm.
- Masukkan benih tanaman ke dalam lubang yang sudah dibuat di atas rockwool.
Tutup wadah dengan kantong plastik hitam dan tempatkan di tempat yang teduh atau gelap.

Pada umumnya sayuran semacam sawi dan selada, sudah sprout/pecah benih dalam 1-2 hari. Tanda sprout adalah dengan munculnya calon akar (putih-putih) dan menyembul calon daun.

Kalau sudah ada yang pecah benih, segera jemur wadah berisi benih tersebut di bawah sinar matahari pagi sampai siang. Jika sinar matahari sudah terlalu terik, simpan di tempat yang terang dan tidak perlu ditutup dengan plastik hitam lagi.

Terlambat mengenalkan pada sinar matahari bisa mengakibatkan etiolasi.
Lakukan setiap hari, tambahkan atau semprotkan air agar rockwool tetap basah dan lembab jika dirasa media sudah kering.

Ciri benih yang sudah siap tanam adalah sudah tumbuh daun sejati. Pada saat ini, tanaman sudah siap dipindah ke media hidroponik untuk mendapatkan nutrisi tambahan selain air dan sinar matahari.

Lim Corporation
* Baca Juga : Cara Menanam Dan Merawat Tanaman Hias Walisongo!!

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik

Pada saat benih tanaman sudah siap dipindahkan dari media semai ke media tanam, nutrisi hidroponik harus segera disiapkan. Dalam sistem bertanam hidroponik dikenal nutrisi dengan istilah AB MIX.

AB MIX biasanya dijual di toko pertanian atau secara online. Ada yang masih dalam bentuk bubuk, dan ada juga yang sudah dalam bentuk larutan cair. Kalau Anda membeli dalam bentuk bubuk, baca panduan cara melarutkannya. Biasanya dicantumkan dalam kemasan.

Ada beberapa jenis AB MIX. Untuk sayuran, pastikan anda membeli AB MIX Daun (sayuran daun). Terkecuali jika nanti anda menanam tanaman buah, AB MIX yang harus disiapkan juga khusus untuk buah. AB MIX terdiri dari 2 larutan cair yang terpisah, yaitu larutan A & larutan B. Kedua larutan nutrisi ini adalah larutan pekat yang dalam penggunaannya nanti harus dicampur lagi dengan air.

Takaran pencampurannya adalah sebagai berikut:
- larutan A 5 ml
- larutan B 5 ml
- air 1 liter
- Campurkan ketiga bahan diatas, aduk sampai tercampur sempurna.
- Larutan nutrisi siap digunakan.

Cara memindah Benih ke Media Tanam Hidroponik.
- Siapkan botol bekas yang sudah dibuat sebelumnya.
- Isi bagian bawah botol dengan larutan nutrisi.
- Pilih rockwool yang sudah berisi tanaman dengan daun empat, lalu pindahkan ke bagian dalam botol bagian atas yang sudah diisi kain flanel.
- Satukan kedua bagian botol.
- Selesai.

Selesai sudah perjumpaan kita kali ini. Terima kasih telah berkunjung & Semoga bermanfaat.๐Ÿ˜Š

Kami CV Lim Corporation juga menerima pesanan Polybag, jika Anda butuh polybag langsung saja hubungi 085233925564 | 087702821277 | 081232584950.
Untuk daftar harga polybag silahkan klik DISINI.

Salam Hangat,


Lim Corporation


1 komentar: